Strategi Pertajam marketing

Marketing merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk dengan tujuan untuk mencapai target penjualan yang tinggi. Tapi banyak orang awam yang masih salah tangkap dengan makna marketing. Hal ini dibuktikkan masih banyak orang yang menganggap bahwa marketing adalah seperti sales yang menawarkan produk kerumah rumah (door to door) dengan penampilan yang menarik dan sexi untuk menarik calon pembeli. Namun hal ini salah.
Pasalnya marketing tidak hanya mementingkan penjualan saja tapi juga mementingkan sebuah komunikasi dan perkenalan. Maka dari itu marketing yang jitu dan tajam sangat penting dalam meningkatkan pemasaran sesuai target dan membuat sebuah usaha menjadi berkembang dan maju.
Setiap usaha tentunya memiliki strategi marketing yang berbeda beda. Tapi yang terpenting, anda harus menciptakan strategi marketing jitu dengan konsep yang unik. Maka dari itu strategi marketing sangatlah penting untuk dipelajari.
Nah berikut ini ada beberapa cara strategi pertajam marketing agar tepat sasaran dan berhasil ;
Menjadi mata mata yang baik dan tajam dengan melakukan survey pasar
Sebagai seorang marketing, anda harus memiliki sikap yang tajam terutama sebagai mata mata yang baik dan tajam. Mengapa demikian?
Karena seorang pelaku marketing harus mampu mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar. Ingat kebutuhan pasar akan mampu menuntun marketing anda menjadi sukses.
Maka dari itu anda harus peka dan tajam terhadap segala sesuatu yang terjadi. Nah untuk mendapatkan informasi mengenai apa saja kebutuhan pasar maka anda harus melakuka  survey pasar secara langsung. Setelah anda memata matai, anda harus mampu menerapkannya. Karena percuma jika anda hanya memata matai tapi tidak segera dilakukan.
Ingat pembeli adalah raja
Ingat slogan ini kan “pembeli adalah raja”, tapi jangan salah artikan yaa… maksud dari slogan ini adalah anda harus melayani kebutuhan pembeli dengan sebaik mungkin.
Pastikan anda juga tidak membeda bedakan pembeli hanya karena mereka berbeda dengan yang kita harapkan. Ingat kepuasan pelanggan mampu menentukan kesuksesan sebuah usaha.
Karena bukan tidak mungkin jika pelanggan atau pembeli puas, mereka pun akan senantiasa kembali ke tempat anda. Dan hal inilah yang akan memberikan banyak keuntungan untuk usaha anda.
Apalagi jika pelanggan tersebut benar benar puas, mereka tentunya tidak segan segan untuk memberitahu kepada teman atau keluarga mereka untuk datang ke tempat anda. Namun sebaliknya jika anda tidak ramah dengan pembeli, maka citra perusahaan anda akan jelek. Bahkan pelanggan yang kecewa kemudian akan menyampaikan kekecewaannya kepada khalayak, anda pun menjadi kehilangan banyak pelanggan dan  masalah ini akan berdampak buruk pada usaha anda.
Mempertajam intuisi
Seorang pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Pasalnya intuisi yang tajam akan mampu membuat pelaku marketing tahu bagaimana cara berbuat dan menjalankan sebuab program agar sukses sehingga mampu memuaskan para kliennya.
Lakukan survey kompetitor
Selain melakukan survey pasar, anda juga harus melakukan survei kompetitor, cara ini juga merupakan strategi pertajam marketing yang ampuh. Mengingat sekarang ini sudah semakin banyak kompetitor sehingga membuat persaingan semakin ketat.
Tujuan survei kompetitor ini adalah untuk melihat apa kelebihan mereka. Dan kita harus membuat nya lebih dari mereka tapi hal ini bukan berarti kita menjadi plagiat dan berlaku picik. Kita tetap melakukan cara sehat. Dengan survey ini, maka kita akan mampu menciptakan keunikan dan tampil berbeda dari pesaing.
Lakukan evaluasi
Jangan lupa setelah anda melakukan segala hal, pastikan anda melakukan evaluasi. Anda bisa melakukan evaluasi dengan tim anda baik mengenai kinerja atau tentang produk. Cara evaluasi ini mampu membantu meningkatkan kualitas pelayanan dan produk anda. Karena evaluasi akan membantu anda menganalisa kesalahanyang terjadi, dengan begitu anda bisa segera memperbaiki kesalahan tersebut.
Itulah 5 strategi pertajam marketing. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua terutama bagi yang sedang menjalankan usaha.
…………………………………………………………………………………..............................
Pengalaman hampir 1 dasawarsa dalam bidang Penjualan, Pelayanan & Komunikasi membuat FAZTRACK matang sebagai BUKTI. Di bungkus dengan sistematika & update ilmu terbaru penggabungan dari MARKETING dan PSIKOLOGI TERAPAN terbaru, menghasilkan ramuan aplikatif yang ampuh untuk semua orang.
Perusahaan berskalan Internasional seperti HM Sampoerna-Phillip Morris, PT Carrefour Indonesia, Bank Permata, Bennese (Japan), Dai Nippon Printing (Japan) dan beberapa Perusahaan lain sudah merasakan dan memahami kenapa kami berbeda. Saatnya Kami menjadi partner solusi untuk Anda🙂
BUTUH TRAINING SALES ? Hub : Lia 081708448040. Klien : PT HM Sampoerna, Carefour , Alfamart, Bank Permata, Axa, Takaful, dll
Website : GoFazTrack.com



Cari tulisan lain.....

Blibli.com

Ikuti Blibli.com Blog Competition Intel 2in1, hadiah laptop 10 ribu