Cara Meningkatkan Kepuasan ???

Kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur dari sebuah keberhasilan sebuah usaha. Seperti yang kita ketahui bahwa pelanggan adalah raja, yang artinya sebagai pengusaha, kita harus bisa memberikan pelayanan dan servis yang memuaskan bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan bukan hanya menjadi kebanggaan bagi pemilik usaha, namun juga memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan usaha.
Pelanggan adalah salah satu alat promosi secara tidak langsung. Bisa dibayangkan jika pelanggan puas dengan produk atau pelayanan kita, maka dengan mudah mereka akan merekomendasikan atau mempromosikan produk kita kepada teman, kerabat atau siapapun yang mereka jumpai. Di situlah maksud dari sebagai alat promosi ini. Begitu pula sebaliknya, jika pelayanan serta kualitas produk kita buruk, maka pelanggan juga tidak akan segan untuk menyatakan pendapat negatif mereka kepada orang lain.
Lalu bagaimana cara menimbulkan rasa puas bagi pelanggan ? Ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh pemilik usaha agar pelanggan mereka merasa puas dan mendatangkan calon pelanggan lainnya.
Menjaga kualitas produk barang dan jasa
Pelanggan akan merasa puas jika mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan yang mereka inginkan. Karenanya kualitas produk barang dan jasa yang kita tawarkan haruslah konsisten bagusnya.
Apalagi jika pelanggan hanya membayar murah namun bisa mendapatkan produk yang kualitasnya tinggi, pasti kepuasan pelanggan lebih meningkat. Bahkan meskipun produk tersebut memiliki harga mahal, pelanggan tidak akan berat mengeluarkankan uangnya jika kualitas produk memang sepadan dengan harga tersebut.
Pelayanan yang ramah
Melayani pelanggan memerlukan teknik khusus untuk bisa mendapatkan perhatian dan meningglkan kesan tersendiri bagi pelanggan. Jangan pernah menampakkan wajah murung, cemberut atau marah yang bisa membuat pelanggan segan atau malah kesal.
Senyum merupakan tips paling utama dan paling mudah yang bisa dipraktekkan agar pelanggan merasa nyaman. Jangan bosan menjawab apapun pertanyaan dari pelanggan. Dan jika pelanggan mengajukan komplain ucapkan lebih dulu permintaan maaf, meskipun sebenarnya letak kesalahan ada pada pelanggan.
Dengarkan keluhan dan saran dari pelanggan
Jika pelanggan menyampaikan keluhan dan saran  maka sebaiknya dengarkan dan tindak lanjuti keluhan dan saran tersebut. Tentunya pelanggan menyampaikan saran dan keluhan tersebut karena ada hal yang tidak nyaman bagi mereka.
Dan dengan menindaklanjuti keluhan dan saran mereka, selain pelanggan merasa dihargai pendapatnya, kita  juga bisa sekaligus mengetahui apa kekurangan usaha kita dan memperbaikinya.
Langsung mendatangi pelanggan
Untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan perlu adanya komunikasi yang baik dan hangat. Akrabkan diri kepada pelanggan, namun jangan pula terlihat sok akrab dan sok kenal. Dekati pelanggan secara profesional, tanyakan apa yang mereka butuhkan dan sigap dengan segala permintaan pelanggan. 
Kepuasan pelanggan akan lebih berlipat ketika ia dimudahkan untuk mencari produk yang ia inginkan. Karena terkadang ada pelanggan yang malu atau segan untuk bertanya lebih dulu, sehingga diperlukan pelayanan yang lebih aktif.
Berkata “tidak” jika memang tidak mampu mengabulkan keinginan pelanggan
minta maaf ke pelanggan
Meskipun pelanggan adalah raja namun pemilik usaha tetaplah manusia biasa dengan segala keterbatasan. Jika tidak mampu menyediakan produk yang diinginkan oleh pelanggan sebaiknya katakan dengan jujur. Jangan berbohong dan memberikan harapan palsu kepada pelanggan.
Karena ketika kita sudah berjanji tapi tidak mampu memenuhinya, pelanggan tentu akan merasakan kekecewaan. Dengan berkata sejujurnya setidaknya memberikan kesan bahwa kita adalah pengusaha jujur di mata pelanggan.
Berikan pelayanan ekstra
Seperti memberikan diskon khusus atau promosi baik pada pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Buat kartu member dengan beberapa kelebihan fasilitas yang menarik pelanggan dan membuat mereka merasa istemwa. Atau ketika ulang tahun perusahaan bisa juga dengan memberikan hadiah kepada pelanggan yang paling loyal. Pelayanan ekstra yang banyak menguntungkan pelanggan pasti bisa meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif.
…………………………………………………………………………………..............................
Pengalaman hampir 1 dasawarsa dalam bidang Penjualan, Pelayanan & Komunikasi membuat FAZTRACK matang sebagai BUKTI. Di bungkus dengan sistematika & update ilmu terbaru penggabungan dari MARKETING dan PSIKOLOGI TERAPAN terbaru, menghasilkan ramuan aplikatif yang ampuh untuk semua orang.
Perusahaan berskalan Internasional seperti HM Sampoerna-Phillip Morris, PT Carrefour Indonesia, Bank Permata, Bennese (Japan), Dai Nippon Printing (Japan) dan beberapa Perusahaan lain sudah merasakan dan memahami kenapa kami berbeda. Saatnya Kami menjadi partner solusi untuk Anda🙂
BUTUH TRAINING SALES ? Hub : Lia 081708448040. Klien : PT HM Sampoerna, Carefour , Alfamart, Bank Permata, Axa, Takaful, dll
Website : GoFazTrack.com

Strategi Menangani Keluhan Pelanggan agar Menjadi Peluang Bisnis

Keluhan pelanggan meruapakan salah satu masalah yang biasa timbul ketika menjalankan sebuah bisnis. Meskipun sangat umum terjadi, keluhan perlu disikapi dengan benar agar hubungan anda dan pelanggan bisa berjalan dengan baik. Penyikapan keluhan yang salah bisa menghilangkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda. Ada beberapa alasan yang membuat pelanggan akhirnya meninggalkan perusahaan kita dan memilih perusahaan lain. Salah satu alasan utama yang melatar belakangi hal tersebut tak lain karena perusahaan tidak menangani keluhan dan memberikan jalan keluar yang baik. 
Meskipun keluhan bisa memberikan efek yang buruk pada bisnis yang anda sedang kelola, namun jika anda lebih cermat dalam menangani keluhan pelanggan maka anda bisa menjadikannya sebagai sesuatu yang positif untuk perusahaan. Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengubah keluhan menjadi peluang bisnis.
Memperbaiki keluhan dengan cepat
Kecepatan dalam penyelesaian masalah merupakan salah satu kunci kepuasan pelanggan. Perusahan yang tidak paham tentang urgensi penanganan masalah cenderung akan bertindak lambat dalam menangani keluhan. Ini tentu saja bisa menjadi bumerang untuk perusahaan.
Selain menangani dengan cepat, solusinya diberikan juga harus tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Jika ada keluhan masuk segera proses keluhan tersebut dengan mengetahui tipe kesalahan, pahami apa yang terjadi dan segera cari solusi untuk melakukan perbaikan. Tetap jaga komunikasi dengan pelanggan dan kabarkan setiap perkembangan kepada mereka. Hal ini akan mengurangi kemungkinan tersebarnya reputasi buruk tentang perusahaan anda.
Meminta maaf tanpa alasan
Jika ada keluhan dari pelanggan dan itu dikarenakan karena kelalaian perusahaan maka segeralah minta maaf pada pelanggan. Dalam meminta maaf anda tak perlu meminta maaf tanpa memberikan banyak alasan atau bahkan menyalahkan siapapun seperti karyawan atau sistem di perusahaan. 
Daripada memberikan banyak alasan dengan tujuan mempertahankan reputasi perusahaan, anda sebaiknya segera mencari tahu kesalahan tersebut dan mencari jalan keluar yang tepat untuk menyelesaikannya. Hal ini karena, pelanggan tidak mau tahu tentang apa yang membuat kesalahan tersebut terjadi. Mereka hanya ingin solusi atau ganti rugi dari kesalahan yang terjadi.
Melibatkan karyawan untuk menyelesaikan keluhan
Anda bisa meminta bantuan karyawan untuk menangani keluhan pelanggan. Dengan lebih banyak orang yang terlibat dalam penyelesaian masalah, maka akan semakin cepat keluhan tersebut akan teratasi. Salah satu hal yang membuat pelanggan tidak puas dengan pelayanan adalah karena kesulitan bertemu pimpinan perusahaan untuk menyampaikan keluhan.
Hal ini terjadi apabila anda hanya menjadikan pimpinan sebagai satu-satunya orang yang berhak untuk memutuskan apa yang harus dilakukan pada keluhan pelanggan. Agar membuat kerja lebih efektif, maka anda sebaiknya melibatkan karyawan yang kerjanya berhubungan dengan pelanggan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Mendorong pelanggan untuk menyampaikan keluhan
Jika kebanyakan pelanggan akan menyampaikan keluhannya ketika mendapati ada yang salah dengan pelayanan perusahaan anda, maka ada juga pelanggan yang cenderung tidak mau mengungkapkannya. Mereka menerima kesalahan tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang wajar. Jika anda menginginkan perusahaan anda berkembang lebih baik, maka anda harus memberitahukan pada pelanggan untuk melaporkan kesalahan dan keluhan sekecil apapun pada perusahaan. 
Anda bisa menyediakan kolom khusus di web perusahaan yang diperuntukkan agar pelanggan bisa menyampaikan keluhannya dengan bebas. Dengan semakin banyak menangani keluhan pelanggan, maka anda akan tahu solusi berbagai masalah yang dihadapi dalam berbisnis dan ini bagus untuk kemajuan perusahaan.
…………………………………………………………………………………..............................
Pengalaman hampir 1 dasawarsa dalam bidang Penjualan, Pelayanan & Komunikasi membuat FAZTRACK matang sebagai BUKTI. Di bungkus dengan sistematika & update ilmu terbaru penggabungan dari MARKETING dan PSIKOLOGI TERAPAN terbaru, menghasilkan ramuan aplikatif yang ampuh untuk semua orang.
Perusahaan berskalan Internasional seperti HM Sampoerna-Phillip Morris, PT Carrefour Indonesia, Bank Permata, Bennese (Japan), Dai Nippon Printing (Japan) dan beberapa Perusahaan lain sudah merasakan dan memahami kenapa kami berbeda. Saatnya Kami menjadi partner solusi untuk Anda🙂
BUTUH TRAINING SALES ? Hub : Lia 081708448040. Klien : PT HM Sampoerna, Carefour , Alfamart, Bank Permata, Axa, Takaful, dll
Website : GoFazTrack.com

Cari tulisan lain.....

Blibli.com

Ikuti Blibli.com Blog Competition Intel 2in1, hadiah laptop 10 ribu