Fokus pada pelatihan
Penjualan adalah salah satu bidang yang selalu memiliki hal baru untuk dipelajari. Pendekatan untuk menjual produk kepada konsumen memang sangat berguna pada dua puluh atau sepuluh tahun yang lalu. Namun, jika hal tersebut terus dilakukan, Anda akan gagal karena konsumen terus mengubah preferensinya dan juga pengetahuannya terus bertambah, sehingga sangat penting bagi salesperson bahkan yang sangat berpengalaman sekalipun untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan penjualannya. Pelatihan khusus dari perusahaan sangat penting karena penjualan tidak dapat berhasil jika tidak memahami produk yang dijualnya sendiri dan bagaimana produk tersebut bekerja.
Pertemuan dengan setiap tenaga penjual
Melakukan pertemuan dengan setiap salesperson secara teratur akan membantu Anda mengetahui apa yang sedang mereka pikirkan. Maksudnya dengan melakukan hal tersebut Anda mengetahui bagaimana mereka melakukan aktivitas penjualannya.
Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi salesperson untuk mengutarakan masalahnya yang bisa menjaganya dari tindakan yang di luar biasaan, seperti berseteru dengan rekan kerja atau meninggalkan perusahaan.
Kemudian Anda juga memperoleh pemahaman yang lebih baik mengapa seorang bisa melebihi target penjualan atau tidak bisa memenuhinya sama sekali, bahkan jauh lebih baik jika tahu bagaimana menangani situasi tersebut. Idealnya, Anda harus bertemu dengan setiap anggota tim sales setidaknya sekali dalam seminggu. Jika Anda memiliki tim yang besar mungkin perlu dibuat beberapa jadwal untuk pertemuan singkat dengan setiap salesperson yang berbeda setiap harinya.
Insentif
Kebanyakan salesperson memiliki dua motivator terbaik, yaitu uang dan pengakuan. Anda mungkin terbatas untuk memberikan sejumlah uang, tetapi tidak ada batasan dengan kemampuan Anda untuk memuji kinerja salesperson.
Kontes dan kompetisi dapat meningkatkan kinerja dan semangat tim sales. Jika Anda tidak mampu membayarnya, Anda bisa melakukannya dengan memberikan penghargaan berupa pengakuan serta ketenaran dalam tim meski hanya 15 menit.
Sebuah penghargaan berupa pengakuan dari buah pemikiran salesperson akan jauh lebih memotivasi daripada sekedar memberikan sejumlah uang.
Miliki rencana
Salesperson mengetahui berapa banyak yang dibutuhkan untuk menghasilkan keuntungan, tetapi mungkin mereka tidak tahu bagaimana untuk mencapainya. Anda sebagai sales manager sudah berkewajiban membantu semua orang di dalam tim untuk mencapai tujuannya.
Pada awal tahun, lakukan pertemuan dengan masing-masing salesperson dan susun rencana penjualan bersama-sama, termasuk membuat tujuan jangka pendek dengan poin yang berbeda untuk setiap periodenya.Misalnya, jika komisi penjualan dihitung dengan kinerja per kuartal, Anda akan bertemu dengan anggota tim di setiap awal kuartal untuk membuat tujuan yang menjadi tolak di setiap bulan atau setiap minggunya. Kemudian Anda juga bisa memberikan bimbingan tentang kegiatan yang paling berpotensi membawa keuntungan.
Selain itu, dengan melakukan hal ini Anda bisa mengetahui salesperson yang mulai keluar jalur. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memberinya kesempatan untuk memperbaiki kinerja sebelum akhir tahun tiba.
Jika Anda belum melakukan salah satu strategi di atas pada tim Anda. Anda bisa melakukannya satu persatu secara bertahap agar bisa mencapai empat startegi manajemen penjualan.
Sumber : www.GoFazTrack.com
0 komentar:
Posting Komentar