Kepuasan konsumen bukanlah hal yang mudah untuk didapat. Apalagi sifat konsumen ini berbeda-beda sehingga untuk memuaskan semua orang merupakan hal yang mustahil. Namun asal kita bisa mengetahui kesamaan hal yang bisa memuaskan semua konsumen, tentu kita sebagai pemilik usaha bisa melakukan langkah-langkah yang efektif untuk bisa memberikan kepuasan tersebut. Salah satu hal yang bisa menjadi sumber kepuasan konsumen adalah harga yang murah. Karena siapa yang tidak ingin mendapatkan produk barang atau jasa dengan harga yang murah ?
Namun setelah mendapatkan kepuasan dari konsumen, tidak jarang banyak pemilik usaha yang kemudian abai dan tidak mampu mempertahankan kepuasan dari konsumen tersebut. Akibatnya jumlah konsumen semakin menyusut dan mengakibatkan dampak kerugian. Padahal demi berjalannya sebuah usaha, tidak hanya di awal saja harus mendapatkan konsumen yang banyak tapi juga harus mampu mempertahankan konsumen tersebut agar loyal dan tetap berbisnis dengan kita.
Bangun komunikasi 2 arah
Untuk mempertahankan kepuasan konsumen sebaiknya jangan terlalu mendominasi terhadap konsumen tersebut. Maksudnya adalah meski sebagai pemilik usaha posisi kita adalah untuk menawarkan dan banyak bicara, namun beri juga konsumen kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Konsumen saat ini tidak lagi mau hanya mendengar promosi kita tanpa bersikap kiritis.
Konsumen sekarang ini dimudahkan dengan banyak produk yang mengelilingi mereka. Sehingga mereka bisa membandingkan yang mutunya bagus atau tidak. Bangun komunikasi 2 arah untuk menanyakan apa yang konsumen inginkan atau apa yang kurang dari produk kita sehingga bisa segera diperbaiki.
Lakukaan follow up pada pelanggan awal
Inilah pentingnya kesan pertama yang didapatkan oleh konsumen dari pelayanan kita. Jika pelayanan kita di awal bagus maka mudah untuk selanjutnya melakukan follow up. Apa guna follow up ini ? Dengan melakukan follow up kita bisa menarik kembali konsumen untuk mau membeli atau menggunakan produk kita. Jangan hanya terfokus untuk mencari konsumen baru, padahal konsumen lama pun sangat berpeluang sebagai sumber pendapatan kita.
Follow up ini sebagai salah satu cara mempertahankan loyalitas konsumen. Konsumen juga pasti merasa puas jika kita melakukan follow up dan memberikan informasi baru mengenai produk kita atau menginformasikan sebuah acara diskon.
Pelayanan baik sebelum dan setelah penjualan
Dalam mempertahankan kepuasan konsumen sangat perlu untuk membuat konsumen merasa nyaman dengan pelayanan kita. Jangan hanya bersikap baik ketika di awal penjualan namun menjadi cuek setelah kita memberikan apa yang diinginkan konsumen. Sebaiknya berikan pelayanan ekstra dan perhatian kepada konsumen hingga konsumen pergi dari hadapan kita. Seperti memberikan katalog produk yang lain atau menawarkan promosi yang mungkin bisa menarik perhatian konsumen.
Memberikan informasi produk dengan jelas dan lengkap
Jangan setengah-setengah saat memberikan penjelasan kepada konsumen. Berikan informasi lengkap meskipun ada katalog yang bisa konsumen baca. Karena kebanyakan konsumen lebih suka mendapat penjelasan dan melihat praktek ketimbang harus membaca aturan pakai sebuah produk. Jawab semua pertanyaan dari konsumen dengan jelas. Usahakan tidak menggunakan kalimat yang singkat dan ambigu. Ingat, bahwa konsumen akan loyal kepada kita jika kita pun bisa memberikan pelayanan yang loyal kepada mereka.
Berikan fasilitas lebih pada konsumen lama
Sama halnya dengan konsep follow up di atas, konsumen lama harus tetap kita beri perhatian. Misalnya dengan membuat kartu member untuk konsumen lama dan memberikan fasilitas potongan harga. Atau bisa juga dengan membuka program reseller yang juga memberikan keuntungan bagi konsumen reseller tersebut. Selain itu program reseller ini juga menguntungkan bagi kita karena menciptakan pembelian yang berulang kali. Dengan memberikan fasilitas lebih bisa membuat konsumen lama merasa puas. Dan tentu kepuasan tersebut akan mereka sebarkan sehingga secara tidak langsung menjadi sebuah promosi untuk menarik konsumen baru.
Itulah 5 cara yang bisa membuat konsumen tetap loyal kepada kita. Mendapatkan keuntungan yang berlimpah adalah tujuan dari sebuah usaha. Dan tentu saja hal itu bisa diwujudkan dengan keloyalan dari konsumen, sehingga sangat penting untuk mempertahankan kepuasan konsumen.
Sumber: www.GoFazTrack.com
0 komentar:
Posting Komentar